Thursday, August 1, 2013

Sinopsis Drama: Who Are You (2013) Episode 1



Tahun 2007 di sebuah kapal kargo detektif Lee Hyung Joon (Kim Jae Wook) sedang mengendap-endap untuk mengintai para mafia yang sedang mengecek barang haram mereka. Tiba-tiba walkie-talkie-nya berbunyi nyaring yang membuat keberadaannya ketahuan oleh para mafia itu, mereka mengejarnya dan saat dia terjebak dia menembak ke udara yang terdengar oleh detektif Yang Shi On (So Yi Hyun) yang langsung berlari menuju kapal itu.


Saat Hyung Joon berbelok dia terlihat shock melihat seseorang yang tak terlihat wajahnya, detektif Yang Shi On sampai di kapal dan saat dia menemukan keberadaan Hyung Joon terlihat sebuah tangan bersenjata menembak Hyung Joon, dan matilah Hyung joon - hiks...Kim Jae Wook T_____T.


Para mafia melihat Shi On dan mereka-pun langsung mengejarnya, dia berlari sampai ketempat barang haram milik mafia itu tersimpan dan dia terlihat kebingungan tapi sebelum dia bereaksi lebih lanjut seorang mafia memukul kepalanya, flashback saat mereka berciuman sebelum dia mengendap-endap ke kapal, lalu Shi On pingsan.






6 tahun kemudian, di sebuah rumah sakit para suster sedang mengecek seorang pasien berumur 30 tahun yang telah terbaring koma selama 6 tahun bernama Yang Shi On. Aneh! Kenapa penjahatnya tidak membunuhnya sekalian?

Malam harinya, saat salah seorang suster sedang memeriksanya tak sengaja dia menjatuhkan sebuah gunting yang terjatuh di bawah tempat tidur Shi On.

Saat dia berusaha menggapainya tiba-tiba sebuah tangan lain mengambil gunting itu duluan, sang suster berteriak ketakutan saat melihat Shi On-lah yang mengambil guntingnya. Wah!!!! koma 6 tahun dan dia langsung bangun gitu aja???!!!


Para dokter juga bereaksi sama seperti saya apalagi hasil test-nya menunjukkan bahwa dia sangat sehat. Dan tidak butuh waktu lama bagi para polisi yang lain untuk langsung menginterogasinya tentang kejadian 6 tahun yang lalu.

Tapi Shi on tidak ingat apapun tentang kejadian 6 tahun yang lalu ia bahkan tak ingat wajah Hyung Joon saat para polisi menunjukkan fotonya. Tapi kayaknya dia masih ingat dirinya sendiri dech. Saat para polisi itu memaksanya dia melihat ke kaca dan bicara pada para atasannya yang dia tahu sedang melihatnya dibalik kaca itu bahwa dia tak ingat apapun dan jika mereka mengetahui sesuatu yang bisa membantu ingatannya kembali dia akan sangat berterima kasih.


3 bulan kemudian, Shi On sedang berkonsultasi dengan psikiater-nya, dia mengatakan pada dokternya bahwa kadang dia masih kebingungan dan masih belum bisa bertemu dengan orang lain. Dokternya meyakinkannya untuk tidak khawatir karena dia baru bangun dari koma selama 6 tahun. Dia lalu mengatakan pada dokternya bahwa dia bisa melihat 'manusia'.

Dia yakin walaupun mereka terlihat seperti manusia tapi mereka bukan manusia karena mereka tak bicara apapun, mata mereka terlihat kosong dan wajah mereka tak berekspresi. Iiiiiiihhh!!! Dan lagi sepertinya hanya dia yang bisa melihat 'mereka'.


Si dokter bertanya apakah 'mereka' ada disini sekarang? dia melihat sekeliling tapi dia tak melihat 'mereka' disitu. Seorang dokter lain yang sedang berada dibelakangnya yang sedari tadi mencatat sesi konsultasi ini teru-menerus men-klik pulpennya sambil tersenyum mengejeknya.

Shi On yang merasa sangat terganggu dengan bunyi klik pulpennya langsung berdiri untuk protes dan si dokter pulpen juga ikut berdiri menatap tajam pada Shi On sambil men-klik pulpennya lebih keras.

Si dokter pulpen lalu berbalik memperlihatkan luka besar di belakang kepalanya. AAAAAAHHHH!!! HANTUUUUU!!!!



Hantu dokter pulpen itu lalu membuka jendela, tersenyum pada Shi On dan menjatuhkan dirinya sendiri dari jendela, Shi On sangat terkejut lalu dia berjalan menuju jendela dan melihat kebawah dan tak ada siapapun atau apapun di bawah sana.


Di Kantor polisi Detektif Cha Gun Woo (2PM Taecyeon) sedang bicara pada bayangannya sendiri di kaca - dia jadi diri sendiri dan bayangannya di kaca jadi atasan barunya - si atasan bayangan memuji dan meyakinkan Gun Woo bahwa dia akan mempromosikannya ke Special Forces. Hahaha...percakapan yang lucu sekaligus memalukan.


Lalu Shi On datang dan langsung menaruh barang-barangnya di meja, dan Gun Woo mengira dia cewek gila yang suka membuang sampah didepan kantor polisi - hahaha...dan sikapnya langsung berubah saat melihat pelat namanya Shi On sebagai atasan barunya. hahaha...


Gun Woo menunjukkan Lost and Found Center pada Shi On - tempat menyimpan barang-barang yang tak diketahui siapa pemiliknya, saat Shi On melihat-lihat tempat itu Gun Woo keluar untuk menelpon salah seorang Sunbaenya dan protes karena dia harus bekerja pada wanita gila yang baru sadar dari koma tapi sebelum pembicaraan mereka selesai Shi On memanggilnya.

Shi On bertanya berapa lama semua barang-barang ini akan disimpan dan apa yang mereka lakukan pada barang-barang itu kalau sudah lewat masa berlakunya? Gun Woo menjawab bahwa mereka menyimpan barang-barang itu hanya selama 561 hari dan setelah itu akan dilelang, dia menjawabnya dengan cara yang tidak sopan bahkan mengeluhkan ketidak tahuan Shi On tentang regulasi ini padahal dia seniornya. Ck..ck..ck...Jenis cowok yang tak mau diperintah cewek.


Di tempat itu Shi On menemukan pulpen yang sama dengan yang dipegang oleh si hantu dokter pulpen dan sebuah jaket dengan label nama Dan Oh Reum.

Shi On yang tak tahan mendengar keluhannya mengajaknya bicara sambil minum-minum. Setelah mereka pergi kamera berfokus pada jaket dengan label nama Dan Oh Reum. Shi On bertanya apakah Gun Woo tak suka padanya? apalagi dia menyadari bahwa yang Gun Woo inginkan bukanlah seorang cewek gila tapi seorang atasan pria yang bisa jadi mentornya, Shi On menyuruhnya untuk berterus terang.


Dan Gun Woo benar-benar berterus terang bahwa dia sama sekali tak menyukai situasi diantara mereka, dia punya pengalaman lebih tapi Shi On punya kedudukan lebih tinggi cuma karena dia lulusan akademi kepolisian dan sama sekali tak ingin punya atasan seorang wanita.

Setelah mendengar pengakuannya Shi On sama sekali tidak marah malah bilang bahwa ada sebuah pepatah yang mengatakan bahwa jika kau mengikutinya takdir akan membimbingmu tapi jika tidak takdir akan menjauhimu, Shi On menyuruhnya untuk memikirkan baik-baik apa yang akan dia lakukan pada takdirnya. hahahaha.....



Shi on sedang membasuh tangannya di toilet saat seorang ahjuma masuk - hantu??? tiba-tiba lampu berkedip dan mati. AAAAAHHH - Dari dalam salah satu bilik toilet terdengar suara rintihan seorang perempuan dan lampu kembali hidup, Shi On mendekati asal suara itu dan saat membuka bilik toilet tempat suara itu berasal tak ada siapapun disana.


Dia merasa lega tapi kemudian lampu kembali mati dan seorang perempuan keluar dari dalam bilik toilet yang tadinya kosong AAAAAAAAAHHHHHH - Shi On awalnya tak melihatnya tapi kemudian lampu kembali hidup dan seorang perempuan dengan luka berdarah di dahi dan wajah memandangnya.


Shi on mundur ketakutan saat hantu perempuan itu mendekatinya dan saat hantu perempuan itu menyentuh tangannya Shi On berteriak ketakutan, lampu kembali hidup, Gun Woo masuk kedalam toilet mendengar teriakannya dan hantu itu menghilang. Saat hantu itu memegang tangannya, wajah hantu itu terlihat sedih.



Dia mengatakan pada Gun Woo bahwa ada perempuan terluka sambil menunjuk bilik toilet, Gun Woo dengan pistol ditangannya memeriksa bilik toilet tapi tak ada siapapun disana yang membuat Gun Woo mengira dia benar-benar gila.

Walaupun dia tak mengatakannya secara langsung didepan muka Shi On tapi mengeluhkannya ke sunbae-nya yang bernama Choi Moon Shik bahkan sampai mengeluhkan bahwa dia musti pakai pistol hanya untuk memeriksa sebuah bilik toilet kosong yang membuat Moon Shik marah karena ternyata dia belum boleh membawa pistol.

Shi On datang dan memotong pembicaraan mereka dan menuntut Gun Woo menyerahkan pistolnya, Gun Woo memberikan pistolnya pada Shi On dan menyuruhnya untuk memberikan benda itu pada keponakannya saja karena ternyata pistol itu adalah pemantik api - hahaha...


Pada acara lelang barang-barang yang disimpan di Lost and Found Center yang diadakan oleh kepolisian, Shi On melihat sebuah jaket dengan dengan label nama Dan Oh Reum, nama yang sama dengan label nama di seragam hantu perempuan di toilet yang sekarang sedang memandangnya diantara para penonton. Shi On terdiam ketakutan diatas panggung yang membuat para penonton bingung dan Gun Woo harus naik ke panggung untuk menyadarkannya kembali dan saat itu si hantu Dan Oh Reum menghilang.

Waktu Shi On pulang si hantu Dan Oh Reum mengikutinya bahkan sampai ke rumahnya - hantunya menangis tapi tak bersuara, Shi On sangat ketakutan berteriak pada hantu itu agar dia pergi dan saat dia melihat ke kaca yang berembun sebuah tulisan muncul "Tolong aku".


Keesokan harinya Shi On mencari informasi tentang Dan Oh Reum, ternyata dia mati karena bunuh diri. Dia menyuruh Gun Woo untuk menyelidiki segala sesuatu tentang Dan Oh Reum yang ditolak oleh Gun Woo dan menuntut alasan mengapa dia harus menyelidikinya?

Shi On memiliki jawaban yang cukup pintar bahwa dia akan membantu mewujudkan impiannya masuk ke Special Forces dengan menulis review apakah dia pantas masuk Special Forces atau tidak.


Gun Woo datang ke sekolah Oh Reum dan Shi On mendatangi rumah Oh Reum, dari ibunya Shi On akhirnya Shi On tahu bahwa Oh Reum bisu - oh, makanya dia tidak bicara tapi nulis dikaca, tapi hantu yang lain bicara nggak yah ntar???

Saat ibunya Oh Reum pergi membuatkannya minuman Shi On melihat Oh Reum bermain piano lalu masuk kedalam kamarnya Shi On mengikutinya dan di dalam kamarnya dia melihat kamar itu penuh dengan lukisan dan dari info yang tertera di lukisannya dia mendatangi sebuah sekolah seni dimana dia melihat Oh Reum berdiri di atap gedung.


Shi On berlari masuk kedalam gedung dan melihat Oh Reum di tangga dan dia membimbingnya terus naik keatas, dia terus mengejarnya dan menabrak seorang murid laki-laki dan tak sengaja menjatuhkan barang bawaan murid itu.

Gun Woo menelponnya bahwa satu-satunya info yang dia dapat hanyalah seorang murid laki-laki bernama Bae Kyung Min yang merupakan pacarnya Dan Oh Reum, saat Shi On mengucapkan nama itu murid laki-laki yang tak sengaja ditabraknya memandangnya dan dia melihat label namanya sebagai Bae Kyung Min.


Shi On menginterogasinya tapi dia menyangkal semuanya dia bahkan mengatakan bahwa dia merasa jijik jika memikirkan gadis bisu itu. That's harsh boy. Gun Woo menemui Shi On yang sedang berdiri di luar gedung sekolah seni itu, Gun Woo mengeluhkan tindakannya yang menyelidiki kasus yang sudah ditutup tapi pada saat itu orang-orang berkerumun dan berteriak heboh pada Kyung Min yang sedang berdiri di atap gedung siap untuk melompat.


Kyung Min melihat sebuah perhiasan Hello kitty yang sedang digenggamnya dan berjalan ke ujung atap gedung dan syukurlah Shi On dan Gun Woo datang tepat waktu, Shi On berusaha membujuknya agar tak melompat tapi Gun Woo malah menantangnya untuk melompat - gila nih orang - tapi dibelakang punggungnya Gun Woo memborgol salah satu tangannya sendiri, dan Kyung Min benar-benar melompat dan Gun Woo berlari, kerumunan dibawah berteriak makin ramai dan Shi On menutup matanya...


Shi On kembali membuka matanya dan melihat Gun Woo sedang berpegangan pada tembok tepi atap gedung dan tangannya yang lain terborgol ke tangan Kyung Min dan memeganginya, Kyung Min pingsan dan perhiasan Hello Kitty itu terjatuh. Adegan penyelamatan dari atap gedung ini lumayan lucu.



Kyung Min akhirnya berhasil diselamatkan dan dirawat dirumah sakit, Gun Woo memberi saran pada Shi On bagaimana cara untuk membuat bocah itu bicara yaitu menemui seorang profiler, Shi On lalu teringat bahwa rumah sakit ini adalah rumah sakit tempatnya berkonsultasi dengan psikiaternya, Dia lalu pergi menemuinya untuk berkonsultasi tentang Kyung Min dan Oh Reum.

Kyung Min sadar dan Gun Woo meyakinkannya bahwa hari ini dia bisa beristirahat dengan tenang dan mengembalikan perhiasan Hello Kitty-nya, dan akhirnya dia menceritakan tentang Oh Reum pada Gun Woo.


Mereka bertemu di sekolah seni dan walaupun dia bisu dan tuli tapi dia sangat cantik, Kyung Min mengajaknya berkencan tapi Oh Reum merasa sulit berkencan dengan orang 'normal' maka Kyung Min memutuskan untuk membantunya dengan merekomendasikan seorang psikiater kenalannya padanya, tapi sejak saat itu sikap Oh Reum mulai berubah dingin padanya. Lalu dia memutuskan untuk menemui psikiater itu untuk berkonsultasi dan dikantor itu dia melihat Oh Reum diperkosa oleh si dokter.


Gun Woo bertanya kenapa dia tak melaporkan kejadian itu ke polisi? adegan ini berbarengan dengan adegan sesi konsultasi Shi On dengan dokter psikiater-nya yang mengatakan bahwa sikap diam Kyung Min mungkin disebabkan karena ada orang terdekat Kyung Min yang menyuruhnya untuk diam.

Di ruang rawat Kyung Min mengatakan pada Gun Woo bahwa dokter brengsek itu adalah pamannya sendiri. Sigh...kejahatan tetap harus dilaporkan siapapun pelakunya nak. Gun Woo menanyakan nama dokter itu. Jangan-jangan.....


Gun Woo menelponnya tapi Shi On tak menjawab telponnya, maka dia mengirim sms nama penjahat yang melecehkan Oh Reum adalah Park Hyung Jin, nama yang sama tertera pada pelat nama si dokter psikiater-nya Shi On - AAAhhh...aku sudah menduga.

Shi On terlihat gugup dan dokter brengsek itu menyadarinya, si dokter brengsek lalu mengunci pintu, Shi On bertanya kenapa dia mengunci pintu dan si dokter hanya bertanya balik "menurutmu kenapa?" sambil berjalan mendekatinya. Dibalik punggungnya Shi On menelpon Gun Woo. SELESAI!




Sepertinya di drama ini akan ada banyak kasus yang dilatarbelakangi oleh permintaan tolong para hantu pada Shi On dech. Sebenarnya adegan hantunya tidak terlalu serem apalagi hantunya masih berwujud manusia tapi kalau dipikir-pikir lagi misalnya saya lagi bicara sama orang dan ternyata orang itu hantu AAAHHHH!!! jauh lebih serem daripada ngelihat hantu dengan bentuk yang aneh-aneh!!! background sound dan sinematografinya juga sangat mendukung suasana menjadi seram.

Karakter Taecyeon disini lucu apalagi saat dia berbicara pada bayangannya sendiri di kaca - cute banget sekaligus memalukan waktu dia ketahuan sama polisi yang lain, tetapi bagian dia protes karena harus bekerja pada bos wanita lumayan nyebelin, soalnya saya juga wanita. Dan dia berakting lumayan bagus. Hubungannya dengan Shi On juga ngegemesin karena hubungan mereka penuh percekcokan antar pria dan wanita yang biasanya selalu ada di drama korea.

Penasaran gimana nanti kalau Shi On ketemu hantunya Lee Hyung Joon yah??? kan dia amnesia??? kasihan Kim Jae Wok jadi hantu T_T.  Overall, episode pertama cukup berkesan.




No comments:

Post a Comment

Comments are very much welcome. But please be polite. Thank you. ^^