Friday, July 26, 2013

Review Drama: Answer Me 1997 - mengenang masa-masa indah saat SMA



This drama is ADORABLE. Drama ini ringan, penuh komedi dan tidak terlalu banyak konflik tapi bukan berarti drama ini membosankan, malah drama ini sangat addictive. Dalam drama ini juga tidak ada karakter antagonis.

Cerita dimulai di tahun 2012, di sebuah restaurant sedang diadakan acara reuni SMA, cerita berfokus pada beberapa karakter seperti Sung Shi Won, Mo Yoo Jung, Yoon Yoon Jae, Do Hak Chan, Kang Joon Hee dan Bang Sung Jae. Dalam pertemuan ini akan ada pengumuman tentang pasangan yang akan segera menikah. Pada reuni tahun 2012 ini juga terungkap bahwa ternyata Shi Won sudah menikah dengan salah satu diantara mereka, siapah suami Shi Won dan siapakah pasangan yang akan segera menikah itu?



Para penonton dibawa kembali ke era tahun 1997 dimana waktu itu mereka masih SMA, Sung Si Won dan
Mo Yoo Jung adalah penggemar berat boyband yang sangat terkenal pada tahun itu yaitu H.O.T dan Shi Won paling suka dengan salah satu membernya yang bernama Tony Ahn. Bagi Shi Won bau keringat Tony lebih harum dari parfum. Huweeek. Dia bahkan menulis fan message pakai darahnya sendiri.

Selain Mo Yoo Jung, Yoon Yoon Jae adalah sahabat lamanya Shi Won. Mereka tumbuh bersama tapi hubungan mereka penuh dengan percekcokan, hubungan cewek-cowok kayak begini di drama korea biasanya malah berubah jadi cinta. Dan ternyata memang iya, setahun sebelumnya yaitu tahun 1996 Shi Won pertama kali melepas kacamatanya dan memakai lensa kontak dan saat Yoon Jae pertama kali melihatnya dia langsung jatuh cinta. Heh. Sayangnya Shi Won menganggap Yoon Jae hanya sebatas teman.




Karakter

Sung Shi Won - Jung Eun Ji (APink)

Sung Shi Won adalah fans beratnya Tony H.O.T sampai rela nginap di luar rumah Tony cuma buat nyatain cintanya, cewek yang sangat pemberani dan kalau ngomong ceplas-ceplos, sering tengkar sama Yoon Jae tapi juga suka godain Yoon Jae pakai kodok yang sangat ditakuti Yoon Jae.

Saya suka dengan karakter Shi Won ini karena sifat-sifat dia sangat persis dengan sifat-sifat orang terdekat saya. Yang paling saya suka dari Shi Won adalah saat dia tahu Joon Hee suka pada Yoon Jae yang artinya Joon Hee itu gay dia tetap berteman baik dengannya, malah saat dia akhirnya menyadari perasaannya sendiri pada Yoon Jae, Shi Won malah merasa bersalah pada Joon Hee karena merebut Yoon Jae dari dia.




Yoon Yoon Jae - Seo In Guk

Sangat pintar disekolah bahkan selalu juara 1, teman masa kecil Shi Won walaupun mereka seumur tapi Yoon Jae tumbuh dewasa lebih cepat dari Shi Won. Dialah yang lebih dulu menyadari perasaanya pada Shi Won sementara Shi Won butuh waktu lebih lama untuk menyadari perasaannya pada Yoon Jae lebih dari teman biasa.

Punya seorang kakak yang juga berperan sebagai orang tua yang membesarkannya karena orang tua mereka telah meninggal, mereka saudara yang sangat saling menyayangi. Dia sangat baik pada Joon Hee sampai-sampai membuat Joon Hee jatuh cinta padanya.




Kang Joon Hee - Hoya (Infinite)

Dia juga salah satu dari penggemarnya H.O.T tapi tidak segila Shi Won, karena kedekatannya dengan Shi Won, Yoon Jae mengira orang yang dia suka diam-diam itu Shi Won. Selalu menjadi juara 2 karena Yoon Jae lebih pintar di sekolah. Tapi Joon Hee lebih perhatian dan pengertian, dia tahu orang yang dia suka yaitu Yoon Jae suka pada orang lain. Sementara orang yang dia suka tidak pernah menyadari bahwa sahabatnya jatuh cinta padanya.

Adegan paling berkesan antara dia dan Yoon Jae adalah saat Yoon Jae memeluk Joon Hee dari belakang dan berterima kasih padanya dan mengungkapkan keinginannya untuk terus bersahabat dengannya, saat itu Yoon Jae sudah tahu tentang Joon hee yang jatuh cinta padanya dan Joon Hee memutuskan untuk pindah dari rumah yang mereka huni bersama karena dia menyadari bahwa sudah saatnya dia move on dari cintanya yang takkan pernah terbalas.




Mo Yoo Jung - Shin So Yool

Teman Shi Won yang plin-plan awalnya suka H.O.T lalu berubah suka Sechkies yang membuat Shi Won menuduh dia mengkhianati H.O.T tapi pada akhirnya Shi Won mau mengerti dan menerimanya dan di reuni tahun 2012 dia malah suka Infinite L. Dia benar-benar sahabat sejatinya Shi Won bahkan rela memotong pendek rambutnya demi Shi Won yang setelah bertengkar sama ortunya gara-gara Tony, ayahnya langsung memotong pendek rambut Shi Won.

Hubungan cintanya dengan Hak Chan cute banget apalagi waktu dia bilang Hak Chan mirip Eun Ji Won Sechkies yang mana artis yang berperan jadi Hak Chan aslinya memang Eun Ji Won Sechkies.



Do Hak Chan - Eun Ji Won

penggemar film por**, saking seringnya dia lihat begituan sampai-sampai saat dia harus berhadapan langsung dengan cewek nyata dia malah grogi berat. Dia orang yang perhatian pada Yoo Jung terutama saat Yoo Jung patah hati gara-gara Yoon Jae lebih suka Shi Won. Hubungan mereka akhirnya berkembang jadi hubungan cinta yang sangat cute dan lucu apalagi adegan putus-nyambungnya mereka yang cuma gara-gara kerah baju yang nggak nyambung.


Bang Sung Jae - Lee Shi Un

karakter yang paling sableng diantara mereka tapi dia anak yang baik yang suka menolong siapapun yang membutuhkan bahkan walaupun rumah orang yang butuh bantuannya sangat jauh di pedalaman cuma buat betulin lampu.


Yoon Tae Woong - Song Jong Ho

Kakak dan keluarga Yoon Jae satu-satunya sekaligus ancaman berat hubungan cinta Yoon Jae dan Shi Won karena dia juga jatuh cinta pada Shi Won dan Yoon Jae yang mengetahui perasaan kakak tercintanya pada Shi Won langsung mengalah, walaupun begitu dia adalah kakak yang sangat sayang pada Yoon Jae karena hanya Yoon Jae-lah keluarganya setelah orang tua mereka meninggal.

Adegan paling berkesan dan paling menunjukkan rasa sayang Tae Woong pada Yoon Jae adalah waktu Tae Woong pulang terburu-buru tidak sadar kalau bajunya terbalik saking khawatirnya dia pada Yoon Jae yang tidak menjawab telponnya. Dia sama pintarnya dengan Yoon Jae bahkan pada tahun 2012 dia jadi calon presiden Korea.

Selain Joon Hee kisah cintanya Tae Woong juga ini yang paling sedih diantara mereka, dia jatuh cinta pada kakak Shi Won tapi dia meninggal dunia, lalu dia jatuh cinta pada Shi Won karena Shi Won banyak mengigatkannya pada almarhum kakaknya Shi Won tapi Shi Won hanya menganggapnya sebagai Oppa ditambah lagi Yoon Jae juga jatuh cinta pada Shi Won.




Walaupun tahun 1997 saya masih belum mengenal segala sesuatu tentang Korea tapi sebagai orang yang hidup tahun 1997 drama ini banyak mengingatkan saya tentang masa kecil saya - udah tua sekarang...hiks. Saya dulu juga suka sekali sama Backstreet Boys walaupun saya tidak pernah sampai segila Shi Won. Saya suka drama ini bukan cuma karena drama ini nostalgic tapi juga karena ada cinta, persahabatan, keluarga lengkap di drama ini.

Drama ini tidak cuma menceritakan persahabatan dan cinta antar para tokoh utama tapi juga para orang tua mereka, bagaimana orang tua Shi Won dan orang tua Yoon Jae pertama kali bertemu dan jatuh cinta dan bagaimana persahabatan itu tetap abadi bahkan setelah orang tua Yoon Jae meninggal dan mereka menjadi orang tua pengganti untuk Yoon Jae dan Tae Woong.



Alur cerita drama ini berkembang melalui begitu banyak flashback dan flashforward. Flashforward tahun 2012 banyak mengandung misteri melalui percakapan-percakapan ambigu antara seseorang dengan seseorang lain yang misterius yang terungkap sedikit demi sedikit secara paralel melalui flashback tahun 1997 dan 2005.

Drama ini juga sangat detail menggambarkan segala sesuatu di tahun 1997 seperti tamagochi, kaset, VHS, walkman, pager dll. Saya juga dulu punya tamagochi dan walkman. hihi...

Tentang akting. sama seperti Dream High drama ini banyak dibintangi oleh para penyanyi yang rata-rata masih belum berpengalaman dalam akting. TAPI, ternyata mereka semua berakting dengan sangat baik dan natural.

Tentang ending. Semuanya berakhir bahagia dengan pasangan masing-masing termasuk Tae Woong yang akhirnya menemukan cinta baru (seorang dokter + fans-nya DBSK) sayangnya pernikahan mereka harus tertunda digantikan pernikahan mendadak Shi Won dan Yoon Jae gara-gara mereka hamil diluar nikah.

Joon Hee juga sepertinya menemukan cinta baru walaupun para penonton tidak diberitahu siapa. Sayangnya salah satu dari mereka masih belum dapat pasangan sampai akhir, yaitu Bang Sung Jae. Secara keseluruhan endingnya memuaskan. Dan karena tidak ada karakter antagonis jadinya tidak ada karakter yang nyebelin ataupun patut dibenci.

Soundtrack-nya juga bagus-bagus, paling suka yang judulnya "All For You" yang dinyanyikan oleh Jung Eun Ji dan Seo In Guk.

Bagi yang ingin nonton drama ini bisa di-download disini, yang belum lahir tahun 1997 juga boleh nonton drama ini kok.

Oh. Yah. Drama Korea tak lengkap tanpa kiss scene. hohoho. Here they are.












No comments:

Post a Comment

Comments are very much welcome. But please be polite. Thank you. ^^