Monday, July 22, 2013

Review Drama: The Princess Man - saat fiksi dan sejarah berpadu.


Cerita drama ini berseting pada tahun 1453, kala itu joseon diperintah oleh Raja Munjong anak pertama dari Raja Taejong pendiri Kerajaan Joseon. pewaris tahta selanjutnya adalah anak Raja Munjong yang saat itu masih kecil - putra mahkota Hong Wi (calon Raja Danjong). Raja Munjong punya seorang adik bernama pangeran agung Suyang (calon raja Sejo).

Konflik drama ini bermula saat pangeran agung Suyang berencana untuk memberontak menurunkan tahta Raja Munjong dengan mengajak tangan kanan raja Kim Jeong Soo untuk berkomplot dengan cara menjodohkan anak-anak mereka, tapi Kim Jeong Soo menolak mentah-mentah. Yah...begitulah awalnya Suyang dan Kim Jeong Soo jadi musuh bebuyutan di drama ini. Menurut sejarah Korea, Suyang dan Kim Jeong Soo memang aslinya musuh bebuyutan.



Tanpa sepengetahuan mereka, anak-anak mereka malah bertemu dan jatuh cinta - Kim Seung Yoo (Park Si Hoo) anaknya Kim Jeong Soo dan Lee Se Ryung (Moon Chae Woon) anaknya Suyang. Dan mereka juga tidak tahu kalau bapak- bapak mereka bermusuhan. Jadi seperti itulah kisah cinta Romeo & Juliet versi joseon bermula. Apakah kisah cinta mereka setragis dan sedramatis kisah Romeo & Juliet yang asli?





Karakter

Kim Seung Yoo - Park Si Hoo

Karakter ini walau fiksi tapi punya peran yang penting, karena cerita drama ini tentang Kim Seung Yoo yang ingin balas dendam pada Suyang karena dialah yang membunuh ayahnya Seung Yoo. Dia yang nantimya memimpin pemberontakkan melawan Raja Sejo. Park Si Hoo membawakan peran Kim Seung Yoo ini dengan sangat baik, mulai dari Seung Yoo yang suka main ke rumah Gisaeng, Seung Yoo yang penuh dendam sampai Seung Yoo yang punya tanggung jawab besar sebagai pemimpin.



Lee Se Ryung - Moon Chae Won

Lee Se Ryung adalah anak yang sangat menyanyangi keluarganya, bahkan saat dia diberitahu kalau ayahnya sedang melakukan suatu pemberontakan dia tidak percaya karena dimatanya ayahnya adalah sosok pria terhormat. Tapi semua kepercayaannya pada sang ayah akhirnya luntur saat dia menyaksikan sendiri bagaimana moral ayahnya semakin merosot yang pada akhirnya membuatnya meninggalkan sang ayah dan keluarganya dan inilah yang saya suka dari Se Ryung, dia meninggalkan ayahnya bukan karena masalah cinta yang tak direstui, tapi karena masalah tentang perbedaan keyakinan akan kebahagiaan, kehormatan dan keadilan.

Puteri Kyung Hee - Hong Soo Hyun

Awalnya saya tidak suka sama Kyung Hee tapi seiring berjalannya cerita lama-kelamaan saya jadi suka sama dia. Kyung Hee yang awalnya tidak suka sama suami yang dijodohkan dengannya lama-lama malah jatuh cinta dan menghormatinya. Adegan paling romantis antara mereka adalah saat Kyung Hee akhirnya memanggil suaminya "Seobangnim (suami)"



Jeong Jong - Lee Min Woo

Awalnya Jong ini tokoh yang kayaknya nggak penting tapi ternyata saya salah, Jong adalah suami yang sangat baik dan romantis bagi Kyung Hee. Entah apa jadinya puteri Kyung Hee tanpa dia. Walaupun kyung Hee selalu cuek tapi Jong selalu sabar mendampingi Kyung Hee, melakukan apa saja untuk Kyung Hee sampai pada akhirnya kesabarannya berbuah manis saat Kyung Hee mulai menerimanya dan mencintainya. Jong juga merupakan sosok sahabat sejati bagi Seung Yoo, adegan yang paling membuktikan kesetiaannya pada Seung Yoo adalah saat dia mengorbankan dirinya karena dia menyadari betul bahwa Seung Yoo-lah yang lebih mampu melawan Suyang.

Pangeran agung Suyang (Raja Sejo) - Kim Young Chul

Karakter antagonis utama di drama ini, karakter ini berdasarkan tokoh sejarah nyata - Raja Sejo. lucunya walaupun Suyang ini egois, licik bin jahat tapi saya tidak benci-benci amat sama dia malah saya kasihan, walau dia sudah berhasil merebut tahta tapi hidupnya tidak sebahagia yang dia impikan. banyak orang yang memberontak melawannya, dia juga selalu mimpi buruk didatangi almarhum Raja Danjong, anaknya Se Ryung pergi memutuskan hubungan dengannya, dan saya paling kasihan sama dia di episode terakhir, adegan saat dia melihat putri tercintanya yang dia kira meninggal ternyata masih hidup. Walaupun dalam drama ini Suyang (Sejo) tokoh yang jahat namun pada kenyataannya Raja Sejo adalah raja yang tangguh dan mampu memperkuat kerajaan Joseon yang kala itu masih termasuk kerajaan baru.



Shin Myun - Song Jong Ho

Kalau saya masih kasihan sama Suyang, sama Shin Myun tidak. Memang pada awalnya dia jadi penjahat yang membela Suyang karena ayahnya pendukung Suyang tapi ujung-ujungnya dia jadi penjahat karena masalah cinta obsesi =_= apalagi yang dia khianati teman baiknya sendiri.



Overall, drama ini tidak setragis dan sedramatis kisah Romeo & Juliet yang asli, karena walaupun ada beberapa adegan yang menguras air mata tapi cerita dramanya secara keseluruhan tidak terlalu tragis, endingnyapun tidak setragis kisah Romeo & Juliet.

Yang menarik dari drama ini adalah kalau Kim Jeong Soo dan Suyang itu tokoh sejarah nyata maka Kim Seung Yoo dan Lee Se Ryung sebenarnya tokoh fiksi, perang berdarah memperebutkan tahta yang dilakukan oleh Suyang juga kejadian nyata. Perpaduan fiksi dan sejarah nyata inilah yang membuat drama ini menjadi sangat menarik.



Tentang akting, semua aktor di drama ini membawakan perannya masing-masing dengan sangat apik, terutama Park Si Hoo , Kim Young Chul dan Hong Soo Hyun. Moon Chae Won juga berakting dengan baik tapi kadang-kadang entah kenapa saya rada-rada awkward ngeliat ekspresi mukanya Moon Chae Woon.

Tentang ending, walaupun tidak berakhir tragis seperti Romeo & Juliet tapi tidak terlalu bagus juga, rasanya semua perjuangan Seung Yoo pada akhirnya seperti tak ada artinya, menurutku endingnya akan sangat memorable kalau Kim Seung Yoo berakhir mati memperjuangkan apa yang dia perjuangkan selama ini.

Yang paling saya suka dari drama ini adalah episodenya tidak panjang, cuma 24 episode. Drama Saeguk yang saya tonton rata-rata episodenya panjang - Queen Seon Dok, Dae Jang Geum, Dong Yi. Karena episodenya yang cuma sedikit inilah yang membuat alur ceritanya bergerak dengan cepat jadi tidak bosan nontonnya. Kostum Hanboknya juga bagus-bagus, kostum kesatria baja hitamnya Kim Seung Yoo juga sukses membuat Park Si Hoo jadi tambah cakep. Drama ini sukses meraih banyak award domestik maupun internasional.

Anyway, drama ini sangat recomended bagi siapa saja yang menyukai kisah cinta romantis and tragis yang tidak tragis-tragis amat. untuk kisah lengkapnya silahkan ditonton disini atau download disini.





1 comment:

  1. Hanya koreksi paragraf pertama:
    Raja Munjong bukan anak Raja Taejeong
    Raja Munjong dan Raja Sejo(Pangerang Suyang) adalah putra Raja Sejong(Raja Paling terkenal di Korea, penemu huruf Hangeul).
    Raja Taejong juga bukan pendiri kerajaan Joseon. Pendirinya Raja Taejo, ayah Raja Taejong. Raja Taejong punya anak salah satunya Raja Sejong...
    Jadi, Raja Taejong kakeknya Raja Munjong dan Raja Sejo.
    Raja Munjong mirip ayahnya yaitu raja yang welas asih pada rakyatya, sedangkan raja Sejo ini mirip seperti Raja Taejong bahkan mengambil jalan politik yg sama yaitu pemerintah yang otoriter bahwa hukum di tangan raja sehingga kekuatan militernya cukup kuat.

    ReplyDelete

Comments are very much welcome. But please be polite. Thank you. ^^